ikan kuah asam

waktu beberapa hari yang lalu ke toko asia, liat ada ikan murah. tulisannya mackerel whole cleaned, 1 kg cuma € 3,20. mas arie langsung minta beli. pas ditanya mo dimasakin apa, jawabnya ‘apa aja lah.. mumpung lagi murah nih..!’

jadinya, hari ini masak ikan kuah asam. kata orang-orang sih ini makanan asli manado.. resepnya saya dapat dari mama & ibu. mama adalah panggilan saya untuk ibu kandung, sedangkan ibu panggilan untuk ibu kandung mas arie. dan mereka berdua bukan asli manado..

sambil mengumpulkan semua ingatan tentang bumbu apa yang dipake, saya mencoba membuatnya untuk suami tercinta yang sedang berpuasa. dan saya tuliskan disini, sebagai catetan kalo suatu hari nanti pingin bikin lagi..

IKAN KUAH ASAM ala KELUARGA SANTOSO

500 gr ikan kembung

1 bh bawang bombay ukuran sedang, iris tipis

5 buah bawang putih, memarkan lalu iris

4 buah tomat ukuran sedang

cabe rawit utuh

2 batang daun bawang

daun salam, daun jeruk, lemon juice, sereh, bubuk jahe, bubuk kunyit, bubuk merica, garam

air secukupnya

lumuri ikan dengan bubuk jahe, bubuk bawang putih dan lemon juice, sisihkan. biar gak amis..

tumis bawang bombay hingga layu, lalu masukkan bawang putih, daun jeruk dan sereh. kalo udah wangi, tambahin air. terserah seberapa banyak. lalu masukkan potongan tomat, daun salam, bubuk kunyit, bubuk jahe dan lemon juice. jangan lupa garam. kalo udah mendidih, masukin ikannya. pas ikannya udah setengah mateng, tambahin bubuk merica, daun bawang dan cabe rawit utuh. cabenya boleh juga diirisin. sengaja masukin cabe utuh biar kuahnya gak pedes, maklum ada bayi disini..

tinggal icipin dah pas belum asemnya di lidah kita.. selamat menikmati..

Advertisements

One thought on “ikan kuah asam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s