kinder flohmarkt

acara yang digelar sebuah Grundschule (sekolah dasar) di Paul Singer Straße pada tanggal 11 September yang lalu. hampir semua yang berjualan adalah murid-murid sekolah tersebut – kelas I sampai kelas IV – kecuali beberapa murid yang juga ditemani oleh orang tua atau kakak mereka. sangat menarik. ruame, khas anak-anak. sebagian besar menjual mainan dan buku-buku bekas. ada juga yang menjual baju second hand yang rata-rata masih bagus, sangat layak pakai.

lucu rasanya melihat anak-anak berteriak menawarkan dagangan, beberapa malah lupa harga barang dagangannya dan harus berlari mencari ibunya untuk mencari tahu. ada yang cuek aja ninggalin barang dagangannya karena mo main bola. acara yang sederhana, namun mengajarkan banyak hal untuk anak-anak. mulai dari belajar untuk bersaing secara sehat dengan ‘lawan’ jualannya sampai belajar berpromosi. dan bagusnya gak ada yang keliatan ngambek karena dagangannya gak laku, semuanya keliatan bahagia. dunia anak emang selalu begitu ya..

giras seneng banget waktu diajak ke tempat itu, soalnya dia dibilangin kalo ‘kita mo ke sekolah mbak niken’. kata-kata sekolah aja udah bikin dia bahagia, ditambah ada mbak niken, putri tetangga yang selalu disukainya. pas sampai, ngeliat buanyak mainan, wah makin girang lah dia..

giras minta dibeliin satu buku berjudul ‘der Flughafen’, seneng liat banyak gambar pesawatnya. yang jualan buku, seorang anak laki-laki yang sangat lucu dan selalu tersenyum. kayaknya umurnya sekitar 8 tahun. bukannya bercerita soal barang dagangannya, dia malah sibuk cubit-cubit pipi giras. pas ditanya harga pun dia lupa, cuma bilang kalo ibunya sudah menempel harga di bagian depan buku. ketika saya membayar harga bukunya – € 2 untuk sebuah buku yang bagus, murah buanget – dia tidak langsung menerima uangnya, malah mencari sesuatu di dalam tas hijau kecilnya. ternyata, sebuah celengan berbentuk mobil-mobilan. uang yang saya serahkan langsung dimasukkannya ke dalam celengan tersebut. lalu celengan itu digoyang-goyangkannya. nampaknya sudah banyak koin yang masuk ke mobil itu, terlihat berat. lalu dia berucap ‘danke schöen’ dengan sangat sumringah. jadi ikut bahagia ngeliatnya.. sayang anak itu gak sempat difoto, padahal lucu buanget. putih, pipi tembem kemerahan, rambut kriwil dan senyum yang gak pernah berhenti.

inilah sebagian dari mereka.. pedagang cilik yang selalu penuh senyum..

Advertisements

One thought on “kinder flohmarkt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s