giras & kereta

giras paling seneng liat kereta. dimanapun & kapanpun. dia benar-benar selalu takjub dengan kereta. makanya gak heran kalo dia selalu bersemangat kalo kita naik mobil lewat daerah lenteng agung, dimana jalan raya dan rel keretanya bersisian. dia selalu berharap kereta akan lewat pas dia lewat.

pada suatu hari, dia cukup beruntung, karena pas ada kereta lewat. berteriaklah dia..

‘wah, ada ke’eta..! ada ke’eta tuh ayah..!!!’ *dengan huruf r yang samar*

‘iya, bagus dak..?!’

‘bagus, kok..! ayah itu kok duduk atas..?’ *ada orang naik di atap kereta*

‘iya, itu kan bahaya.. dak boleh..!’

‘nanti jatuh, sakit lo, kayak mbak giyas..!’

‘iya, mbak giras gak boleh gitu ya..!’

‘IYA..!!!’ *mantap*

trus keretanya ketutupan sama rumah-rumah yang ada di pinggiran rel. giras langsung teriak..

‘sapa sih bikin umah situ, ke’etanya ketutupan, dak kiatan…!!!’ *muka galak*

nah, jangan pada bikin rumah dipinggir rel ya.. nanti giras marah lo, keretanya jadi gak keliatan 🙂

***

cerita lain, masih di seputaran lenteng agung juga, pas ada kereta lewat. entah kenapa, kereta yang lewat cuma terdiri atas 3 atau 4 gerbong, pokoknya keliatan pendek deh..! awalnya sih seperti biasa, giras selalu teriak kegirangan liat kereta. pas dia sadar bahwa keretanya pendek, giras pun berkomentar..

‘ke’etanya kok dak ada badannya..?! badannya kemana..?!’

saya jawab ‘ada kok, ada badannya, yang dibelakang itu lho..!’

‘bukan, ma..!! itu dikit, badannya tinggalan..!’ *badan keretanya ketinggalan*

nah, kereta.. kalo mo jalan, mendingan bawa gerbong yang banyak, daripada dibilang gak punya badan, kan serem.. 🙂

***

naik kereta eksekutif dari purwokerto ke jakarta. trus dia mo pipis, tapi gak mau pipis di diapernya, maunya pipis di kamar mandi. sampai di kamar mandi..

‘giyas gak mau pipis.. koto..!’ *kotor katanya*

ya udah, saya bawa lagi ke tempat duduk, akhirnya mau pipis di diapernya. sambil berpesan..

‘nanti ganti cana ya ma.. bau..!’

‘oke, tenang aja..!!!’

gak lama kemudian, dia pun mulai menikmati mewarnai sambil minum susu. kemudian bertanya lagi..

‘ini ke’eta apa ma..?’

‘taksaka’

‘bukan ICE ya..?’

‘bukan. kenapa..?’

‘giyas dak suka, giyas suka ICE’

‘iya, nanti naik ICE. bentar lagi sampe kok..!’

tanpa maksud menjelekkan perkeretaapian di tanah air. saya hanya ingin mengingat hari dimana putri saya mulai belajar membandingkan sesuatu yang dia sukai dengan sesuatu yang tidak disukainya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s