nasi goreng gila

ayo memasak…

sebenarnya udah lumayan lama mendengar soal acara yang satu ini. apalagi salah satu komandannya – Shinta – adalah teman saya semasa kuliah. sering banget mampir ke dapurnya Shinta, buat belajar masak. selain karena resepnya gampang-gampang, bahannya juga gak susah-susah amat (boleh GR deh, Shin..!).

tapi, baru kali ini cukup punya kepercayaan diri buat ikutan. pas tom yum goong sama rawon, cuma punya bumbu instant. kayaknya kok kurang nendang.. jadi ya maju mundur deh rencana ikutannya.. sampai akhirnya emang mundur beneran alias gak jadi ikut.. 

nah, sekarang berhubung yang mo dimasak rame-rame adalah menu andalan sejak kecil, jadi ya berani lah.. gak asing sama menu yang satu ini. waktu saya masih tinggal bareng sama orang tua (SD & SMP), nasi goreng dengan berbagai variasi adalah makanan yang sering muncul dalam menu sarapan saya. pas mulai kost di Jogja, masakan yang pertama kali saya coba buat sendiri ya si nasgor ini.. sampai-sampai, masakan yang pertama kali saya buat untuk pacar – yang sekarang jadi suami – saya juga si nasi ini.. halah.. cuma bisa masak nasi goreng nih kayaknya.. 😀

pernah nonton suatu acara kuliner di indonesia yang membahas soal nasi goreng gila. kabarnya sih karena si nasi goreng ini isinya luengkap.. ada ayam, sosis, bakso, telur, pokoknya semua yang bisa dimasukkan ke wajan, dimasukin dah.. mungkin orang-orang berpikir ‘gila nih tukang nasgor, sagala aya di wajan..!!’ sampai akhirnya muncullah nama nasi goreng gila. 

kalo saya, bikin nasi goreng ini buat mengakali selera makan si anak.. dia tuh susah banget kalo makanannya keliatan terpisah-pisah.. nasi, sayur & lauk.. ntar pasti sayurannya suka dipinggirin.. kalo tumplek blek jadi satu kayak gini, gak keliatan mana sayur, mana sosis.. semuanya masuk.. nah, untuk si kecil dibikin versi manis, untuk yang orang tua dibikin versi super pedas.. jadinya, nasi goreng gila yang gila pedesnya..

NASI GORENG GILA ala KELUARGA SANTOSO

Bumbu Halus : 

cabe hijau, bawang bombay, bawang putih, kemiri, fish sauce, gula & garam

(saya buat dalam jumlah sangat besar. bisa untuk bumbu nasgor, bisa juga untuk sambal teman makan. waktu itu sekitar 300 gr cabe hijau, 2 bawang bombay, 10 bawang putih &  5 kemiri, jadi satu botol selai)

semuanya dihaluskan, lalu digoreng sampai mateng. bisa tahan lama. udah 2 minggu masih enak tuh.. 

Bahan :

2 piring nasi putih

2 butir telur, diorak arik

sosis (potong dadu), bakso (iris tipis)

jagung manis kaleng, wortel (potong dadu kecil)

kecap manis, fish sauce & garam

kerupuk

Cara Membuat :

tumis bumbu halus. kalo bikin bumbu halusnya udah digoreng, langsung masukin aja bumbu halusnya ke wajan, tanpa tambahan minyak. tambahkan kecap manis, tunggu sampai bau kecap goreng semerbak, lalu masukkan bakso dan sosis. kemudian masukkan nasi, aduk sampai semua bumbu rata. tambahkan kecap lagi, fish sauce & garam. terakhir, masukkan jagung manis, wortel dan telur orak arik. goreng sampai matang, jangan lupa dicicipi sebelum dihidangkan. oh iya, kasih kerupuk juga.. 

sekedar tips, saya pernah nonton acara masak memasak di sebuah stasiun TV dan di situ disebutkan bahwa kalo mo memasak tumisan yang menggunakan kecap, sebaiknya sebagian kecap dimasukkan duluan baru ditambah bahan lain. kecapnya ikut ditumis dengan minyak, supaya wangi kecap gorengnya itu lebih semerbak ketika masakan sudah matang. saya sih belum pernah membandingkan dengan bagaimana jika kecapnya masuk terakhir. saya selalu menggunakan tips ini dan wangi kecapnya emang aduhai sih..

last but not least.. makasih ya shin.. udah menyemangati aku buat ikutan, makasih juga sudah menjawab semua pertanyaanku.. always nice to talk to you..

salam kenal, buat mbak Ayin dan mbak Deetha..

Advertisements

5 thoughts on “nasi goreng gila

  1. Shinta

    Loes, kok ada kerupuk yg pinggirnya warna-warni gitu? bawa dari Indonesia ya???
    Kangen aku sama kerupuk begitu 🙂

    Salam sayang buat Giras ya Loes… :love:

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s