Author Archives: Keluarga Santoso

keju lucu

waktu giras belum genap setahun, saya terbiasa menggunakan susu sebagai pengganti gula dan keju sebagai pengganti garam untuk tambahan makanan giras. makanya tidak mengherankan kalo giras doyan sekali keju. tapi, setelah dia mulai mengenal berbagai makanan menggoda seperti kacang telur, kerupuk & permen, acara nyemil kejunya sering kali ditolak mentah-mentah. akibatnya, kalo berharap dia makan keju, musti diakalin. dicampur nasi goreng lah, buat taburan spaghetti, buat pizza.. macem-macem lah..

sampai suatu hari, saya menemukan keju lucu ini..

sekarang, acara makan keju, gak susah lagi.. oh iya, karena ada 3 gambar berbeda, giras jadi bisa milih.. mo makan keju kuda, keju anjing atau keju sapi.. sekali makan, bisa abis sampai 3 lembar..

thanks for the inventor.. ūüėÄ

depan ? jalan ?

kalo jalan-jalan ama giras, wah.. harus siap-siap untuk menyediakan waktu ekstra. kenapa oh kenapa..? karena dia udah gak mau pake kinderwagen atau pram alias baby stroller. kadang-kadang juga gak mau digendong, maunya jalan sendiri. padahal kebayang kan seberapa besar langkahnya..

biasanya kalo mo pergi, standarnya tuh keluar dari rumah 3 menit sebelum jam berangkat bis. kalo saya atau ayahnya 3 menit itu cukup, masih bisa jalan, gak perlu lari.. paling tidak jalan cepat atau setengah berlari.. pokoknya aman, gak mungkin ketinggalan.. 

kalo ama giras, at least 8 menit. itu paling aman.. udah beberapa kali kita ketinggalan bis, gara-gara cuma ada 5 menit trus dia mo digendong sama ayahnya sambil lari, tapi malah berontak, teriak, kayak mo diculik aja.. mana giras tuh kalo jalan matanya suka kemana-mana. liat pohon lah, burung, mobil, truk sampah.. banyak banget godaan di jalan yang bikin perjalanan semakin lama.. 

sepanjang perjalanan, pasti ada acara kesandung. kadang jatuh pula. makanya dalam perjalanan yang cuma 8 menit itu, gak terhitung lah saya teriak-teriak.. 

‘giras, kalo jalan liat depan…!!!’

‘giras, kalo jalan diliat dong jalanannya, biar gak kesandung..!!!’

lama-lama,bosan juga kali dia diteriakin mulu sama emaknya. sampai suatu hari, abis diteriakin begitu.. dia balik bertanya..

‘ma, biar dak ksandung, liat jalan apa liat depan..?!’

‘liat jalan yang ada di depan..!!!’

‘kan jalannya disamping..!!’

‘yang di samping itu jalan buat mobil, jalan buat giras yang di depan..!’

‘oh , gitu ya..!’

pas kesandung.. dengan tenang dia berkata..

‘giyas liat depan kok ma.. liat jalan..!!’

he.he… udah kuatir diteriakin lagi ya, nak.. maaf..

nasi goreng gila

ayo memasak…

sebenarnya udah lumayan lama mendengar soal acara yang satu ini. apalagi salah satu komandannya – Shinta – adalah teman saya semasa kuliah. sering banget mampir ke dapurnya Shinta, buat belajar masak. selain karena resepnya gampang-gampang, bahannya juga gak susah-susah amat (boleh GR deh, Shin..!).

tapi, baru kali ini cukup punya kepercayaan diri buat ikutan. pas tom yum goong sama rawon, cuma punya bumbu instant. kayaknya kok kurang nendang.. jadi ya maju mundur deh rencana ikutannya.. sampai akhirnya emang mundur beneran alias gak jadi ikut.. 

nah, sekarang berhubung yang mo dimasak rame-rame adalah menu andalan sejak kecil, jadi ya berani lah.. gak asing sama menu yang satu ini. waktu saya masih tinggal bareng sama orang tua (SD & SMP), nasi goreng dengan berbagai variasi adalah makanan yang sering muncul dalam menu sarapan saya. pas mulai kost di Jogja, masakan yang pertama kali saya coba buat sendiri ya si nasgor ini.. sampai-sampai, masakan yang pertama kali saya buat untuk pacar – yang sekarang jadi suami – saya juga si nasi ini.. halah.. cuma bisa masak nasi goreng nih kayaknya.. ūüėÄ

pernah nonton suatu acara kuliner di indonesia yang membahas soal nasi goreng gila. kabarnya sih karena si nasi goreng ini isinya luengkap.. ada ayam, sosis, bakso, telur, pokoknya semua yang bisa dimasukkan ke wajan, dimasukin dah.. mungkin orang-orang berpikir ‘gila nih tukang nasgor, sagala aya di wajan..!!’ sampai akhirnya muncullah nama nasi goreng gila.¬†

kalo saya, bikin nasi goreng ini buat mengakali selera makan si anak.. dia tuh susah banget kalo makanannya keliatan terpisah-pisah.. nasi, sayur & lauk.. ntar pasti sayurannya suka dipinggirin.. kalo tumplek blek jadi satu kayak gini, gak keliatan mana sayur, mana sosis.. semuanya masuk.. nah, untuk si kecil dibikin versi manis, untuk yang orang tua dibikin versi super pedas.. jadinya, nasi goreng gila yang gila pedesnya..

NASI GORENG GILA ala KELUARGA SANTOSO

Bumbu Halus : 

cabe hijau, bawang bombay, bawang putih, kemiri, fish sauce, gula & garam

(saya buat dalam jumlah sangat besar. bisa untuk bumbu nasgor, bisa juga untuk sambal teman makan. waktu itu sekitar 300 gr cabe hijau, 2 bawang bombay, 10 bawang putih &  5 kemiri, jadi satu botol selai)

semuanya dihaluskan, lalu digoreng sampai mateng. bisa tahan lama. udah 2 minggu masih enak tuh.. 

Bahan :

2 piring nasi putih

2 butir telur, diorak arik

sosis (potong dadu), bakso (iris tipis)

jagung manis kaleng, wortel (potong dadu kecil)

kecap manis, fish sauce & garam

kerupuk

Cara Membuat :

tumis bumbu halus. kalo bikin bumbu halusnya udah digoreng, langsung masukin aja bumbu halusnya ke wajan, tanpa tambahan minyak. tambahkan kecap manis, tunggu sampai bau kecap goreng semerbak, lalu masukkan bakso dan sosis. kemudian masukkan nasi, aduk sampai semua bumbu rata. tambahkan kecap lagi, fish sauce & garam. terakhir, masukkan jagung manis, wortel dan telur orak arik. goreng sampai matang, jangan lupa dicicipi sebelum dihidangkan. oh iya, kasih kerupuk juga.. 

sekedar tips, saya pernah nonton acara masak memasak di sebuah stasiun TV dan di situ disebutkan bahwa kalo mo memasak tumisan yang menggunakan kecap, sebaiknya sebagian kecap dimasukkan duluan baru ditambah bahan lain. kecapnya ikut ditumis dengan minyak, supaya wangi kecap gorengnya itu lebih semerbak ketika masakan sudah matang. saya sih belum pernah membandingkan dengan bagaimana jika kecapnya masuk terakhir. saya selalu menggunakan tips ini dan wangi kecapnya emang aduhai sih..

last but not least.. makasih ya shin.. udah menyemangati aku buat ikutan, makasih juga sudah menjawab semua pertanyaanku.. always nice to talk to you..

salam kenal, buat mbak Ayin dan mbak Deetha..

sandal untuk mama..

pagi yang dingin. walopun banyak yang bilang musim semi sudah menjelang. mungkin ini pengaruh ‘global climate change’. sejak shubuh, salju dateng disertai angin kencang plus suhu yang tak beranjak dari seputaran 3 derajat. enaknya di rumah, makan pisang goreng, teh anget, pake selimut sambil liat youtube. he.he..¬†

tapi, piring kotor numpuk, sejak tadi malem. males banget cuci piring, dingin. tapi, kalo gak cuci piring, gak bisa makan. lha wong punya piring cuma 5, panci cuma 2.. he.he.. 

terpaksa deh cuci piring.. untung girasnya anteng, nonton sherina kecil di youtube sambil ikutan nyanyi & nari. kecipak kecipuk di dapur, sendirian..

tiba-tiba giras nongol di dapur, sambil senyum.. bertanyalah dia.. 

‘mama, lagi pain..?’

‘cuci piring..’

‘oh..!’ trus pergi lagi dia.

gak sampai 10 detik, balik lagi.. sambil bawa sandal batik.

‘pake sandal, ma.. biar gak dingin..!’ trus lari lagi nonton sherina.

waktu saya bilang ‘makasih..’ dia udah nari lagi di depan laptop.

gak terasa, ada yang netes dari mata saya. giras baik banget.. dibalik semua tingkahnya dia yang pecicilan, gedubrak gedubruk, suka ngelawan sama mama & ayahnya, ternyata dia masih peduli juga kalo mamanya kedinginan. 

ALHAMDULILLAH.. tetep sayang mama ya nak.. amiiiiiin…

33 months

today, giras is 33 months old. time is not only running, it’s flying.. I still can remember her first touch, first smile, first tooth, first day when she called me mama, there’s a lot of first thing.. and today, she is 33 months.. baby, you grow up so fast.. and you always amazes us in every single day..

today, she is 33 months.. in the next 3 months, she will be 3 years and then 13 years.. 23 years.. oh, time please do not running too fast. I still want to kiss her while she was sleeping, give her a big hug when she cried, played hide & seek.. every second in her life is counted priceless..

today, i read many articles about toddler’s development & milestones. ¬†just want to check giras’s milestones, compare with the most children did on the same age. let me show you what i found..

I found an article, Developmental Milestones – Three Months to Five Year, written by Carol Bainbridge. you can go here¬†for the complete article, coz I read only the three years part. and really surprised that giras has passed all the basic development milestones mentioned. she can build tower not only with 4-5 blocks, she can do it with more blocks. she can walk up steps, alternating feets ; turn pages in a book, one at a time ; pay attention for about 3 minutes ; remember what happened yesterday, even 2 days ago. giras is very good in memorising. for some special occations, a week ago is not a problem for her. she can remember well that a week ago, we’re travelling by a train with her daddy’s friend that she knows well & that we met a new friend.

she knows some numbers, even not always in the right order. she already knows the number of the bus, but only on 1-10 range. so for the bus number 25, she said it as number two five instead of twenty five. the funny thing is when we saw 11. she said it is number one-one, even we told her, many times, that it’s eleven, a number after 10.

giras loves to be read to & look through a book. she likes to retell the story that i read for her to her dolls. and sometimes it’s still amazed me that she can copy my style in reading very well. she also can count 2-3 objects. she can follow one command, not only a simple one but also a little bit complex command, like ‘giras, i need my jacket. it’s on the blue bag and the bag is in the kitchen. could you take it for me, please ?’.

giras can use 3-5 word sentences. she speaks a lot and asks more. a short question is a very common thing in our daily activity. question like ‘am i bigger now ? am i taller now ?’ is a must question after taking her meal. i can’t write all of her question coz she could ask for more than¬†20 times in a day. she likes to reply a question with another question.

‘giras, do you want some juice..?’

instead of saying yes or no, she likes to say..

‘why do i have to take some juice..?’

it is written on the article that a 3 years child can name at least one colour correctly. and giras already¬†knows 10 colours from MS Words font colour. it’s black, white, brown, red, pink, purple, green, blue, yellow and orange. even sometimes she can identify the different between dark & light colour.

she already knows her first & last name. but¬†it’s difficult for her to say R, that’s why saying¬†PRATISTA, her middle name, becomes a problem. she knows some alphabets, like A, I, U, E, O, G, R & S. she can spell her name¬†on the¬†keyboard. how come..? let me tell you the trick. giras loves to play with a computer. then we use her name as a password to log on it. we just have to tell her twice then she can do it by herself. we tried to change the password once in a week so she will learn a new alphabet, but she doesn’t like it. she just want her name as a password. it only works once, when i changed the password into mama and she knows M from that moment.

i also read that many childrens, on this age, especially those without siblings, create imaginary playmates. and giras also has an imaginary playmates. i remember a time when she was playing with me in the kitchen then she ran to another room & picked up the unringing phone. i heard she was talking, like having an appointment with someone. then she got back to the kitchen & said ‘my friend said she will come¬†at 9 and asked me to pick her up in the central station’. ha.ha.. sounds funny & weird but doesn’t have to be worried. it’s a part of child’s development conscience & will disappear before a child is six.

looks like i’m writing too much tonight. just too excited to know that she grows up well & nothing to be worried. really proud of you, giras.. we love you so much.. all that we can say is ALHAMDULILLAH.. thank you ALLOH for sending her into our life..

B U N T I L

seumur-umur jadi wanita… duile segitunya.. belum pernah bikin buntil. jangankan mencoba membuat, membayangkan bikinnya saja, sudah gak berani.. mundur teratur.. apalagi, pas di tanah air sendiri, nyari yang jual juga gak susah-susah amat.. tinggal ngomong mo berapa buah, bayar.. makan.. dijamin enak pula.. kalo bikin sendiri kan belum tentu enak.. repot pula.. *A-L-A-S-A-N*

namun, segalanya berubah.. jreng.jreng.. disini mana ada yang  jual beginian.. akhirnya, karena sudah sangat mengiler Рkalo ngiler, ilernya dikit.. kalo mengiler ampe banjir Рditambah pula dukungan sangat kuat dari sang ayah yang juga mengiler.. banjir dah rumah kita.. akhirnya saya memberanikan diri..

berbekal resep dari Kedai Hamburg, saya pun masuk ke dapur dengan PD.. mo jadi apa nantinya, biarlah saja.. yang penting coba dulu.. ha.ha.ha… tapi resepnya banyak saya modifikasi, sesuai dengan keadaan dapur.. maksudnya sesuai dengan apa yang ada di dapur..

daun yang saya gunakan bukan daun weinblätter seperti mbak retno, saya ganti dengan daun kohlrabi. dan taukah anda, ternyata dalam membuat buntil bukan ngebungkusinnya yang susah, tapi ngumpulin daun kohlrabinya itu yang paling susyeh.. terpaksa harus sedikit mencari *mengaduk-aduk* tempat sampah di LIDL, biar dapet banyak daunnya.. orang sini, makanan enak dibuangin.. jadilah saya pungutin..

buntil versi keluarga santoso, resepnya begini..

daun kohlrabi, senemunya.. rendam air dingin 10 menitan baru direndam air mendidih sebentar

50 gr teri (saya pake teri kering yang direndam air panas)

100 gr kelapa parut

bumbu yang lainnya sama seperti punyanya mbak retno, kecuali kencur.. soalnya gak punya.. sama cabe hijaunya yang saya ganti cabe merah.. soalnya.. gak punya juga.. ūüėÄ

dan seperti inilah jadinya.. gak mengecewakan.. makasih mbak retno, atas resepnya..