Category Archives: the santoso

keju lucu

waktu giras belum genap setahun, saya terbiasa menggunakan susu sebagai pengganti gula dan keju sebagai pengganti garam untuk tambahan makanan giras. makanya tidak mengherankan kalo giras doyan sekali keju. tapi, setelah dia mulai mengenal berbagai makanan menggoda seperti kacang telur, kerupuk & permen, acara nyemil kejunya sering kali ditolak mentah-mentah. akibatnya, kalo berharap dia makan keju, musti diakalin. dicampur nasi goreng lah, buat taburan spaghetti, buat pizza.. macem-macem lah..

sampai suatu hari, saya menemukan keju lucu ini..

sekarang, acara makan keju, gak susah lagi.. oh iya, karena ada 3 gambar berbeda, giras jadi bisa milih.. mo makan keju kuda, keju anjing atau keju sapi.. sekali makan, bisa abis sampai 3 lembar..

thanks for the inventor.. ūüėÄ

Advertisements

depan ? jalan ?

kalo jalan-jalan ama giras, wah.. harus siap-siap untuk menyediakan waktu ekstra. kenapa oh kenapa..? karena dia udah gak mau pake kinderwagen atau pram alias baby stroller. kadang-kadang juga gak mau digendong, maunya jalan sendiri. padahal kebayang kan seberapa besar langkahnya..

biasanya kalo mo pergi, standarnya tuh keluar dari rumah 3 menit sebelum jam berangkat bis. kalo saya atau ayahnya 3 menit itu cukup, masih bisa jalan, gak perlu lari.. paling tidak jalan cepat atau setengah berlari.. pokoknya aman, gak mungkin ketinggalan.. 

kalo ama giras, at least 8 menit. itu paling aman.. udah beberapa kali kita ketinggalan bis, gara-gara cuma ada 5 menit trus dia mo digendong sama ayahnya sambil lari, tapi malah berontak, teriak, kayak mo diculik aja.. mana giras tuh kalo jalan matanya suka kemana-mana. liat pohon lah, burung, mobil, truk sampah.. banyak banget godaan di jalan yang bikin perjalanan semakin lama.. 

sepanjang perjalanan, pasti ada acara kesandung. kadang jatuh pula. makanya dalam perjalanan yang cuma 8 menit itu, gak terhitung lah saya teriak-teriak.. 

‘giras, kalo jalan liat depan…!!!’

‘giras, kalo jalan diliat dong jalanannya, biar gak kesandung..!!!’

lama-lama,bosan juga kali dia diteriakin mulu sama emaknya. sampai suatu hari, abis diteriakin begitu.. dia balik bertanya..

‘ma, biar dak ksandung, liat jalan apa liat depan..?!’

‘liat jalan yang ada di depan..!!!’

‘kan jalannya disamping..!!’

‘yang di samping itu jalan buat mobil, jalan buat giras yang di depan..!’

‘oh , gitu ya..!’

pas kesandung.. dengan tenang dia berkata..

‘giyas liat depan kok ma.. liat jalan..!!’

he.he… udah kuatir diteriakin lagi ya, nak.. maaf..

sandal untuk mama..

pagi yang dingin. walopun banyak yang bilang musim semi sudah menjelang. mungkin ini pengaruh ‘global climate change’. sejak shubuh, salju dateng disertai angin kencang plus suhu yang tak beranjak dari seputaran 3 derajat. enaknya di rumah, makan pisang goreng, teh anget, pake selimut sambil liat youtube. he.he..¬†

tapi, piring kotor numpuk, sejak tadi malem. males banget cuci piring, dingin. tapi, kalo gak cuci piring, gak bisa makan. lha wong punya piring cuma 5, panci cuma 2.. he.he.. 

terpaksa deh cuci piring.. untung girasnya anteng, nonton sherina kecil di youtube sambil ikutan nyanyi & nari. kecipak kecipuk di dapur, sendirian..

tiba-tiba giras nongol di dapur, sambil senyum.. bertanyalah dia.. 

‘mama, lagi pain..?’

‘cuci piring..’

‘oh..!’ trus pergi lagi dia.

gak sampai 10 detik, balik lagi.. sambil bawa sandal batik.

‘pake sandal, ma.. biar gak dingin..!’ trus lari lagi nonton sherina.

waktu saya bilang ‘makasih..’ dia udah nari lagi di depan laptop.

gak terasa, ada yang netes dari mata saya. giras baik banget.. dibalik semua tingkahnya dia yang pecicilan, gedubrak gedubruk, suka ngelawan sama mama & ayahnya, ternyata dia masih peduli juga kalo mamanya kedinginan. 

ALHAMDULILLAH.. tetep sayang mama ya nak.. amiiiiiin…

33 months

today, giras is 33 months old. time is not only running, it’s flying.. I still can remember her first touch, first smile, first tooth, first day when she called me mama, there’s a lot of first thing.. and today, she is 33 months.. baby, you grow up so fast.. and you always amazes us in every single day..

today, she is 33 months.. in the next 3 months, she will be 3 years and then 13 years.. 23 years.. oh, time please do not running too fast. I still want to kiss her while she was sleeping, give her a big hug when she cried, played hide & seek.. every second in her life is counted priceless..

today, i read many articles about toddler’s development & milestones. ¬†just want to check giras’s milestones, compare with the most children did on the same age. let me show you what i found..

I found an article, Developmental Milestones – Three Months to Five Year, written by Carol Bainbridge. you can go here¬†for the complete article, coz I read only the three years part. and really surprised that giras has passed all the basic development milestones mentioned. she can build tower not only with 4-5 blocks, she can do it with more blocks. she can walk up steps, alternating feets ; turn pages in a book, one at a time ; pay attention for about 3 minutes ; remember what happened yesterday, even 2 days ago. giras is very good in memorising. for some special occations, a week ago is not a problem for her. she can remember well that a week ago, we’re travelling by a train with her daddy’s friend that she knows well & that we met a new friend.

she knows some numbers, even not always in the right order. she already knows the number of the bus, but only on 1-10 range. so for the bus number 25, she said it as number two five instead of twenty five. the funny thing is when we saw 11. she said it is number one-one, even we told her, many times, that it’s eleven, a number after 10.

giras loves to be read to & look through a book. she likes to retell the story that i read for her to her dolls. and sometimes it’s still amazed me that she can copy my style in reading very well. she also can count 2-3 objects. she can follow one command, not only a simple one but also a little bit complex command, like ‘giras, i need my jacket. it’s on the blue bag and the bag is in the kitchen. could you take it for me, please ?’.

giras can use 3-5 word sentences. she speaks a lot and asks more. a short question is a very common thing in our daily activity. question like ‘am i bigger now ? am i taller now ?’ is a must question after taking her meal. i can’t write all of her question coz she could ask for more than¬†20 times in a day. she likes to reply a question with another question.

‘giras, do you want some juice..?’

instead of saying yes or no, she likes to say..

‘why do i have to take some juice..?’

it is written on the article that a 3 years child can name at least one colour correctly. and giras already¬†knows 10 colours from MS Words font colour. it’s black, white, brown, red, pink, purple, green, blue, yellow and orange. even sometimes she can identify the different between dark & light colour.

she already knows her first & last name. but¬†it’s difficult for her to say R, that’s why saying¬†PRATISTA, her middle name, becomes a problem. she knows some alphabets, like A, I, U, E, O, G, R & S. she can spell her name¬†on the¬†keyboard. how come..? let me tell you the trick. giras loves to play with a computer. then we use her name as a password to log on it. we just have to tell her twice then she can do it by herself. we tried to change the password once in a week so she will learn a new alphabet, but she doesn’t like it. she just want her name as a password. it only works once, when i changed the password into mama and she knows M from that moment.

i also read that many childrens, on this age, especially those without siblings, create imaginary playmates. and giras also has an imaginary playmates. i remember a time when she was playing with me in the kitchen then she ran to another room & picked up the unringing phone. i heard she was talking, like having an appointment with someone. then she got back to the kitchen & said ‘my friend said she will come¬†at 9 and asked me to pick her up in the central station’. ha.ha.. sounds funny & weird but doesn’t have to be worried. it’s a part of child’s development conscience & will disappear before a child is six.

looks like i’m writing too much tonight. just too excited to know that she grows up well & nothing to be worried. really proud of you, giras.. we love you so much.. all that we can say is ALHAMDULILLAH.. thank you ALLOH for sending her into our life..

aku bukan putri, i’m not baby

baca judulnya, bingung tak..? tak perlu bingung, ini hanya bercerita tentang giras kok..! namanya judul kan harus menarik, biar orang tertarik untuk membaca isinya.. halah.. ga penting..

kadang-kadang, pingin dong ya memanggil anak dengan sebutan yang rada manis bin mesra. biar terlihat beda, keliatan harmonis.. halah.. makin ga penting..

jadilah suatu hari ketika sedang berbelanja di salah satu supermarket di bremen, anak saya menghilang. berhubung supermarketnya juga gak gede-gede amat, tenang aja walopun dia gak keliatan, sapa juga yang mo nyulik.. giras mah paling-paling ngobrol sama kakek-kakek ato nenek-nenek.. jangan tanya dengan bahasa apa, hanya mereka yang tau.. kembali ke topik utama.. karena dah sekian lama gak keliatan, memanggillah saya..

‘putri.. putriku.. putri mana ya..?!’ *sok mesra*

gak ada suara sahutan, gak ada suara anak berlari..

‘putri.. putriku..!’ *sedikit keras, tapi tetep mesra*

dalam hitungan detik, muncullah si muka bulat mata bola..

‘mama panggil sapa..?!’ *muka bingung, innocent’

‘panggil mbak giras..!’

‘ini namanya gikhras mama, bukan putkhri..!’ *belon bisa bilang R’

‘tapi kan giras putrinya mama, boleh dong dipanggil putri..!’ *gak mau kalah*

‘tapi namanya gikhras, bukan putkhri..!’ *sama keras kepalanya*

dikesempatan yang lain, pas lagi jalan ke waschause..

‘ayo baby, jalannya yang cepet dong..!’

‘bukan bebi, giyas..!!!’

‘iya, oke..! pokoknya cepet aja lah jalannya..!’

‘janan panggil bebi ya ma, ini namanya giyas..!’ sambil tepuk dada..

‘oke, baby..!’ *ngeyel, nyengir*

‘GIYAS…!!!!’ *marah deh*

he.he.he…

a day with giras

jadi ibu yang bisa 24 jam di rumah memang sangat menyenangkan. bukan cuma gak harus lari-lari ngejar bis, tapi juga jadi bisa tau ngapain aja si anak seharian itu. sungguh ku yakin, banyak ibu-ibu yang ingin seperti diriku.. ūüėÄ

jadi, ngapain aja seharian ini ama giras..? banyak lah.. main dokter-dokteran, ngajarin giras nyalain komputer lengkap dengan mendiktekan passwordnya *lumayan, dia jadi kenal huruf-huruf yang membentuk namanya*, bikin kue mochi *gagal* and bikin bakso yang kata giras ‘enak ma, giyas suka..!!!’

dan tentunya buanyak sekali kejadian-kejadian lucu, yang ingin kami ingat selamanya, makanya dicatet disini..

giras lagi seneng banget main dokter-dokteran. dia menyebut dirinya bu dokter atau dokter giras. kalo lagi praktek, dia bawa gantungan name tag punya ayahnya yang dipake buat meriksa pasien *kalo kata dokter yang udah gedhe sih, namanya steteskop*. pasiennya banyak lho..!! ada kucing, gajah, panda, macan & croky si crocodille. nah tadi tuh, bangun tidur giras ngeliat kucing & gajah bergeletakan di lantai, karena emang belum diberesin. langsung nyerocos lah dia..

‘ma, itu pus ama gajah kenapa..?’

‘gak apa-apa kok..!’

‘kok tidur di bawah..? sakit ya..?’

‘iya kali..’

‘kasian, pada sakit.. dokte giyasnya tidu sih..! ndak ada yang peyiksa, ndak ada yang suntik, pada sakit deh..!’

‘he.he.. besok lagi, kalo mo tidur, pada diobatin dulu ya mbak giras..!’

‘iya, kasian.. pada sakit..!’

***

giras lagi ngobatin boneka kucingnya di ruang tamu, saya sedang cuci piring. tiba-tiba..

‘hiat.. huh.. mbak giyas potong nih..!’

‘kenapa mbak giras..?’ *lari, kuatir dia pegang pisau ato gunting*

‘ini kaki pus mo dipotong aja..!!’ *pura-pura motong*

‘kenapa..?’

‘pus ga mau jalan, minta gendong teyus, potong aja kakinya..!’

‘jangan mbak giras, pusnya capek kali..!’

‘ya udah, duduk aja ya pus..! janan gendong mbak giyas..!’

oalah.. ada-ada aja..

pas cerita ke ayahnya, eh ayahnya malah nyengir.. pas ditanya kenapa..?

‘iya, pas jalan-jalan, dia minta gendong terus. aku bilang aja, kalo gak mau jalan, minta gendong terus, ayah potong aja deh kakinya..!’

AYAH..!!!! jangan suka asal ngomong deh ke anaknya, tau sendiri gimana copy cat-nya si anak..

capek deh..!!!

***

giras minta pisang. baru dua gigitan, dia bilang..

‘ma, pisangna busuk, giyas dak mau..!’

‘itu gak busuk mbak giras, kulitnya aja yang kotor..!’

diterusin gigit, dua gigitan lagi.. ngomong lagi..

‘ma pisangna beyat, giyas dak kuat, dak bisa makan..!’

‘sini, dikupas dulu kulitnya, biar gak berat..’

abis dikupas, ngomong lagi dia..

‘pisangna lengket, tangan giyas koto..!’

‘ya udah, sini-in pisangnya..!’

akhirnya pisangnya saya panggang sebentar di wajan teflon. terus taburi gula pasir.. suapin ke anaknya, gak sampe 5 menit, licin, tandas, tak bersisa..

pokoknya, jangan pernah mau kalah sama anak yang banyak alasan, apalagi kalo berhubungan dengan picky eater. never give up..!! kalo dia bisa beralasan, masa mamanya gak bisa.. orang mamanya lahir duluan.. ūüėÄ